Bebas berimajinasi

Bebas berimajinasi

Total Pageviews

Sunday, April 15, 2012

Delapan kesalahan penulis Novel Pemula





Seringkali seorang penulis pemula melupakan sebuah kesalahan-kesalahan yang dianggapnya  hanya sebuah kesalahan kecil tapi pada kenyatannya kesalahan ini sangat berpengaruh dan membuat seorang penulis dan editor geram dibuatnya dalam menghadapi naskah-naskah para penulis novel pemula.  Salah satu penulis  dan editor yang sering menangani naskah novel penulis pemula ini adalah Clra Ng.

Kita tahu Clara Ng adalah seorang penulis novel handal . Lihat saja karya-karyanya semenjak karya pertamanya novel berjudul Tujuh Musim Setahun, kemudian Indiana Chronicle - Blues, yang merupakan buku pertama trilogi Indiana Chronicle kemudian menyusul beberapa novel bergenre Metropop. 

Bahkan bukan hanya menulis novel dewasa, Clara Ng juga menulis buku anak-anak. Seri pertama buku anak-anaknya adalah Berbagi Cerita Berbagi Cinta, yang terdiri atas tujuh buku. Salah satu buku dalam seri ini, yang berjudul Gaya Rambut Pascal memperoleh penghargaan Adikarya Ikapi untuk cerita anak pada tahun 2006. Pada tahun 2007, Clara Ng kembali memperoleh penghargaan Adikarya Ikapi untuk salah satu buku anak-anak dari sembilan buku dalam seri Sejuta Warna Pelangi, berjudul Melukis Cinta. Dan pada tahun 2008, ia mengeluarkan seri terbaru yang terdiri atas lima buku, berjudul Bagai Bumi Berhenti Berputar.  

Nah tulisan berikut ini adalah tulisan yang saya copas dari Twitternya Clara Ng.

Delapan kesalahan yang sering ditemui pada penulis pemula khusunya novel.

1. Konflik.
Fiksi berstandar pada konflik bukan "konsep cerita". Konsep sekeren apapun bakalan hancur tanpa konflik. Karena konflik adalah nyawa. Seperti tangga, konflik itu bertahap dari bawah ke atas.

2. Pembukaan yang lemah.
Kesalahan pada banyak penulis novel pemula adalah adalah pembuka yang lemah artinya pembukaan yang tidak memperlihatkan konflik. Konflik seharusnya sudah membayang dan muncul pada pembukaan (prolog)
Pembukaan yang salah adalah pembukaan yang megabaikan konflik.

3. Penyelesaian konflik yang lemah
Artinya konflik yang dibangun hanya sebatas tipis.Karena konfik sudah menghantui pembukaan dari awal naskah, maka penyelesaiannya pun haruslah kuat.
Penyelesaian konflik yang lemah disebabkan oleh tokoh yang tidak berjuang tapi dapat pertolongan.

4. Tokoh harus berjuang
Tokoh harus berjuang menyelesaikan masalahnya. Adanya tokoh mendapatkan "pertolongan" artinya memasukkan tokoh/situasi lain yang langsung menyelematkan si tokoh. Tokoh utama boleh "mendapatkan pertolongan" dalam situasi indirect atau tidak langsung tapi penyelamatannya bukan dengan "diserobot" Untuk bahasa umum ini sering disebut aski "kebetulan". Kebetulan dalam fiksi memang bisa terjadi tapi kebetulan yang lebay adalah aksi serobot

5. Dialog yang garing
Dialog bertele-tele, dialog hahahihi, dialog ke sana ke mari yang nggak jelas membuat fiksi tidak bergerak ke mana-mana.
Humor dalam dialog sah-sah saja tapi dialog humor pun punya rumus. Ada pembukaan, ada tengah dan ada kick-ass-nya. Tanpa itu humor akan mati dalam dialog.

6.  Kalimat yang tidak patuh pada aturan bahasa Indonesia.
Ini bukan naskah yang menggunakan bahasa Mars. "Sakit hati kalo ada yang bilang, bahasa Indonesia itu gampang. No!"
Dan sebagai penulis kita harus belajar Bahasa Indonesia dimulai dari yang paling sederhana seperti SPOK atau KSPO (Subyek, Predikat, Obyek, keterangan)
 
7. Tanda baca yang tidak pada tempatnya
Kesewenang-wenangan dalam tanda baca bisa menjadi bukti bahwa kita adalah manusia yang ugal-ugalan dalam menyetir. Kenapa? Karena tanda baca = rambu lalu lintas.
Penulis fiksi yang tidak perduli dengan peletakkan tanda kutip, koma, titik, titik tiga, titik koma dan lain-lain akan membuat naskah fiksi jadi rusak.

8.Setting yang terlupakan
Apa itu setting? Setting adalah keadaan cerita dari lingkungan sampai suasana. Tanpa kehadiran setting, cerita bakalan gatot atau gagal total. Apalagi jika isi cerita hanya dialog.


Itulah delapan kesalahan menurut Clara Ng ketika membaca naskah dari penulis novel pemula. Semoga dengan kesalahan-kesalahan yang sepertinya sepele ini kita bisa memperbaiki tulisan-tulisan kita sehingga tulisan kita akan lebih baik lagi.



2 comments:

VisiPress said...

Terima kasih untuk informasinya :)

Jika Anda berminat untuk menerbitkan buku rohani, silakan kunjungi website kami di http://visichristianstore.com/?page_id=5854

Tuhan memberkati ...

Novel Nigella said...

Permisi izin promo.

Telah keluar NOVEL Terbaru karya Mahasiswa UMPAR, NIGELLA.

Novel ini memiliki banyak catatan kaki disetiap babnya. Mulai dari istilah kedokteran, kriminal, ilmu herbal dan psikologi.

Nigella membahas lebih dalam mengenai cinta anak yatim, anak single parent, broken home, orangtua adopsi, sahabat palsu dan cinta sejati.

Nigella juga memiliki gambar ilustrasi dan puisi kehidupan disetiap babnya. Selain menambah wawasan, ini juga bisa membantu imajinasi pembaca.

Nigella akan mengajak kamu jalan jalan memecahkan banyak teka teki dan misteri di kota Menton, Prancis. Kamu akan ditemani oleh banyak anak yatim jenius. tapi kamu juga akan bertemu psikopat dan pembunuh berdarah dingin.

Pesan segera dan kita akan bertemu di Nigella yg mendebarkan.

Price : Rp.55.000

Cara pesan : cukup kirim alamat lengkap kamu via inbox facebook, atau LINE dengan ID : larc-nigella, atau BBM : 51A5F3EB

Info detail www.larc-nigella.com Instagram penulis: jayadi_reiji

Prestasi NIGELLA :
- Peraih testimoni resmi Motivator wanita No.1 di Asia, Merry Riana
- Nominasi novel of the year Lasinrang Award 2015

NIGELLA, greater mystery than you think.

Post a Comment

Komentar yaaa