Bebas berimajinasi

Bebas berimajinasi

Total Pageviews

Monday, February 17, 2014

Membuat Sinopsis FTV yuk...

FTV Trans7

Pengertian Sinopsis atau synopsis.

Sinopsis berasal dari kata synopical yang artinya ringkas. Maka kemudian sinopsis dapat diartikan sebagai ringkasan suatu materi tulisan yang panjang, baik berupa tulisan fiksi maupun non-fiksi.


Membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Dan biasanya Sinopsis dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman saja. Yaiya dong, masak sinopsis mau berpuluh-puluh halaman? Hehehee.


Walaupun pada dasarnya pengertian dari sinopsis itu sama, tapi di sini saya hanya akan membahas mengenai sinopsis Ftv/film yang saya ketahui. Jadi cakupannya lebih dipersempit.

Pada dasarnya untuk membuat sebuah sinopsis FTV atau pun film sangatlah mudah, karena sebenarnya tidak ada aturan baku untuk membuat sebuah sinopsis. Hanya saja, ada beberapa point yang mesti kita ingat, agar sinopsis kita jadi menarik perhatian para produser yang membacanya.
 Berikut saya berikan point-point tersebut.

1. Buatlah sinopsis dengan bahasa yang menarik, singkat, padat dan tidak bertele-tele.

2. Tulislah plot-plot ide/gagasan yang akan ditulis sebagai selling-point dari cerita.

3. Tonjolkan dengan jelas, genre apa yang akan dijual, misalnya: cinta, parodi, satire, roman, komedi, criminal, horror dan sebagainya.

6. Sinopsis bisa dibuka dengan awalan trigger – sebagai daya tarik
 



Berkut adalah salah satu contoh Sinopsis yang saya tulis dari FTV komedi dengan judul: BABY, BABEH, BABA yang tayang di Trans7.




FTV KOMEDI
“BABY, BABEH, BABA”
by Chris Oetoyo
SINOPSIS:

Suatu hari Babeh Sabeni(50) seorang duda yang juga mantan jawara dan guru karate kampung, menemukan bayi berusia satu tahun di depan rumahnya. Entah bayi siapa. Maka tanpa pikir panjang Babeh yang hanya tinggal bersama Baba (24) anak laki-lakinya semata wayang itu pun, segera memelihara si bayi.

Tapi tentu saja tidak mudah merawat seorang bayi mungil bagi seorang Baba dan Babeh yang sama sekali buta urusan rawat merawat bayi. Hari itu juga mereka membeli semua keperluan bayi. Banyak kejadian-kejadian lucu ketika mereka merawat bayi, seperti: Babeh yang dikencingin pada saat mengendong si bayi, Baba yang salah memasang popok, Babeh yang membuat susu terlalu panas, sampe Baba yang terkena pup di wajahnya. 

Lantaran repot dan tidak berpengalaman, Baba pun kemudian mengusulkan agar Babeh mencari perawat atau babysiter. Awalnya Babeh gak setuju, karena ia harus mengeluarkan uang untuk itu. Tapi Baba keukeuh dan mengancam akan pergi dari rumah jika Babeh tidak mencari babysitter, maka Babeh pun kemudian menyanggupinya.

Maka muncullah ide di benak Baba untuk mencari babysitter dengan cara audisi. Ternyata tanpa disangka, peserta audisi membludak, dari yang muda hingga nenek-nenek. Bahkan bukan hanya kaum wanita saja yang datang, sampe banci pun ikutan datang audisi, sehingga membuat Babeh dan Baba kualahan.

Dan dari hasil Audisi akhirnya mereka menemukan satu kandidat, yaitu INA. Disamping cantik, Ina juga sangat berpengalaman. Kecantikan Ina ternyata membuat Babeh jatuh hati. Sayangnya Ina bukanlah sosok Babysitter yang diharapkan. Beberapakali Babeh memergoki Ina sedang telpon-telponan, sementara si bayi dibiarkan menangis. Maka Ina pun kemudian dipecat tanpa basa-basi.

Baba kemudian mengusulkan untuk mengambil babysitter dari agen penyalur pembantu. Hari itu juga sang Babysitter dikirim. Tapi olala... ternyata yang dikirim babysitter berbadan bengkak alias super gendut. Baru sehari si baby sitter bekerja, makanan Babeh sering hilang, Babeh malah menuduh Baba. Sampai kemudian Babeh memergoki si babysitter gendutlah yang ternyata melahap semua makanannya.
Babeh dan Baba kembali merawat sendiri si bayi, hingga suatu pagi datang seorang perempuan muda cantik bernama Sari (25) yang melamar menjadi babysitter. Melihat kecantikan Sari, Babeh langsung saja menerimanya bekerja. Hari berikutnya terjadilah kucing-kucingan antara Babeh dan Baba yang ternyata sama-sama menyukai Sari.

Masalah muncul ketika datang dua orang yang ingin mengambil si Baby.
Sayangnya dua orang yang ternyata suruhan Dirga (35) mantan suami Sari itu selalu kalah melawan Babeh.

Sari pun akhirnya mengakui bahwa sebenarnya si Baby adalah anaknya dan lantaran ia tidak ingin anaknya itu diambil oleh Dirga, mantan suaminya yang seorang bandar narkoba, maka Sari pun kemudian memutuskan untuk menitipkan bayi itu di rumah Babeh yang mantan jawara. @kalongking

***
 

9 comments:

Anonymous said...

trus akhirnya sari sama babeh atau baba? kyknya kok gk tuntas? ini brp halmn, mas? trus sinopsis kyk gini ngirimnya kemana? makasih

Melvi Yendra said...

Om Chris, kalau aye mau ngajuin sinopsis ke Trans7, kirim ke mana, ya, Om?
Makasih, Om Chris.

Chris Oetoyo-blogspott said...

Kan di ending akhirnya Sari memilih Baba yang lebih muda dan lebih fresh :)

Chris Oetoyo-blogspott said...

Bung Melvy, kirim ke PH ada beberapa PH yang membuat FTV di sana :)

Theresia Christa Sitompul said...

Bisa kasih alamat email pengiriman naskah?

Rizal Hidayat said...

apakah kalau membuat sinopsis harus membuat sekenarionya juga ?

Rizal Hidayat said...

om kalau cuma buat sinopsisnya aja apa boleh dan apakah tetap dapat honor ?

Chris Oetoyo-blogspott said...

Theresia@ untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jika ingin mengirimkan sinopsis FTV, kita harus mengenal terlebih dahulu nama PH dan siapa orang yang berkopeten, Sayang kan, kalo kamu kirim nggak ada feedbacknya :)

Chris Oetoyo-blogspott said...

Rizal Hidayat@ Untuk membuat skenario tentu harus membuat sinopsis, karena itu adalah rangkuman dari isi cerita yang akan kita tulis di skenario. Nah, ada beberapa PH yang hanya menerima sinopsisnya saja dan untuk penulisan skenarionya diberikan kepada penulis skenario yang sudah terbiasa/tim yang menangani.

Post a Comment

Komentar yaaa