Bebas berimajinasi

Bebas berimajinasi

Total Pageviews

Monday, March 16, 2015

Khasiat Ayat Kursi

Khasiat Ayat Kursi

Tahukah kamu apa itu Ayat Kursi? Ya, ayat Kursi merupakan bagian dari surat Al Baqarah ayat 255. Di dalam Ayat Kursi juga terkandung Kebesaran, Keagungan, Kekuasaan dan Ilmu-ilmu Allah yang meliputi langit dan bumi serta isinya. 

Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang dapat kita jadikan sebagai amalan dan pegangan hidup dalam artian untuk terkabulnya doa dan hajat, keberkahan, keberlimpahan, amalan yang lancar serta mempermudah turunnya rezeki, serta perlindungan diri atas usaha dan bisnis yang sedang kita jalankan.

Turunnya Ayat Kursi ini sendiri terjadi pada suatu malam selepas Hijrah. Dan menurut salah satu riwayat, ketika ayat kursi diturunkan, disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai penghantarnya, karena kebesaran dan kemuliaannya. Saat itu Syaitan dan Iblis menjadi heboh karena adanya suatu alamat yang menjadi perintang dalam perjuangan mereka. Untuk itulah kemudian Rasulallah s.a.w segera memerintah kepada penulis alQuran yaitu Zaid bin Tsabith agar segera menulisnya dan menyebarkan ayat Kursi ini.

Trnyata Ayat Kursi juga memiliki beberapa khasiat lho,

 ilustrasi by: gemaislam.com

 

Berikut bacaan Ayat Kursi:

  اللّٰـهُ لَآ إِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى

السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْأَرْضِ ۗ مَن ذَا الَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ
مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا
شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ
 وَهُوَ الْعَلِىُّ الْعَظِيمُ

 Artinya: 
Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. 

 
Ada sekian banyak khasiat dari Ayat Kursi. Dan berikut 10 Khasiat dan manfaat Ayat Kursi.

1. Siapa yang membaca ayat Kursi dengan istikamah setiap kali selesai shalat fardhu pada pagi dan petang, setiap kali masuk ke rumah atau ke pasar, setiap kali masuk ke tempat tidur dan musafir, insyaallah akan diamankan dari godaan syaitan dan kejahatan raja-raja (pemerintah) yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang memudharatkan. Serta terpelihara diri dan keluarganya, anak-anak nya, hartanya, rumahnya dari kecurian, kebakaran dan kerusakan.
2. Di dalam kitab Assarul Mufidah diterangkan, bahwa siapa yang mengamalkan ayat kursi, dengan membaca sebanyak 18 kali, Inyaallah ia akan hidup dengan memiliki jiwa tauhid, dilapangkan dada dengan berbagai hikmat, dimudahkan rezekinya, dinaikkan martabatnya, serta diberikan wibawa sehingga orang selalu segan kepadanya, dan juga diperlihara dari segala bencana dengan izin Allah.

3. Seorang ulama Hindi mendengar dari salah seorang guru besarnya dari Abi Lababah r.a, membaca ayat Kursi sebanyak anggota sujud (7 kali) setiap hari, sehingga ada benteng pertahanan Rasulallah s.a.w.

4. Syeikh Abul ‘Abas alBunni menerangkan: “Siapa membaca ayat Kursi sebanyak hitungan kata-katanya (50 kali), dan ditiupkan pada air hujan kemudian diminumnya, maka inysyaallah akan mencerdaskan akalnya dan memudahkan ingatan pada setiap pelajaran yang dipelajari.

5. Siapa yang membaca ayat Kursi selepas shalat fardhu, Allah akan mengampunkan dosanya. Jika kita membaca Ayat Kursi ketika hendak tidur, maka terpelihara dari gangguan syaitan, dan jika dibaca pada saat sedang marah, maka akan hilang rasa marahnya.

6. Syeikh Albuni menerangkan: Siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170 huruf), maka Insyaallah, Allah akan selalu memberi pertolongan dalam segala hal dan mengabulkan segala hajatnya, melapangkan pikirannya, diluluskan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan juga diberikan apa yang diinginkannya.

7. Barang siapa membaca ayat Kursi ketika hendak tidur, maka Tuhan mewakilkan dua malaikat yang menjaga selama tidurnya hingga pagi.

8. Abdurahman bin Auf ketika masuk kerumahnya selalu membaca ayat Kursi pada empat penjuru rumahnya dan mengharapkan dengan itu menjadi penjaga dan pelindung syaitan.

9. Syeikh Buni menerangkan: Siapa yang takut terhadap serangan musuh hendaklah ia membuat garis lingkaran dengan isyarat nafas sambil membaca ayat Kursi. Kemudian ia masuk bersama jamaahnya kedalam garis lingkaran tersebut menghadap kearah musuh, sambil membaca ayat Kursi sebayak 50 kali, atau sebanyak 170 kali, insyaallah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan memudharatkannya.

10. Syeikul Kabir Muhyiddin Ibnul Arabi menerangkan bahwa; siapa yang membaca ayat Kursi sebayak 1000 kali dalam sehari semalam selama 40 hari, maka demi Allah, demi Rasul, demi alQuran yang mulia, Allah akan membukakan baginya pandangan rohani, dihasilkan yang dimaksud dan diberi pengaruh kepada manusia. (dari kitab Khawasul Qur’an)


*Dari berbagai sumber.

 

No comments:

Post a Comment

Komentar yaaa

Post a Comment

Komentar yaaa